Tentang Kami

Sejarah SMA Marsudirini Bekasi

SMA Marsudirini Kemang Pratama berdiri pada tanggal 18 Juli 1994. Gedung SMA Marsudirini pertama kali berada di ruko Kemang Pratama, sebab gedung SMA Marsudirini yang sebenarnya sedang dalam proses pembangunan. Kegiatan belajar mengajar dimulai dengan menggunakan 5 buah ruko yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu IA dan IB. IA di ruko bagian bawah dan IB di ruko bagian atas.

5 Januari 1995, sekolah dipindahkan ke gedung baru, walaupun pada saat itu baru dua pertiga yang jadi. Bulan Agustus 1995, tahun ajaran baru untuk angkatan kedua dimulai, diawali dengan perayaan 17 Agustus yang menampilkan atraksi dari 5 kelas dan sumbangan acara dari para guru. Sejalan dengan itu, SMA Marsudirini mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat dengan Surat Keputusan nomor I0003/I.02/Kep/E/95.

Bulan Oktober 1995 ekstrakulikuler mulai berjalan. Pada awalnya ekstrakulikuler meliputi Olah Raga Basket, Volley dan Tenis Meja. Yang kemudian disusul ekstrakulikuler band/musik. Dalam perjalanan waktu mengingat minat dan bakat peserta didik yang sangat beragam SMA Marsudirini beranggapan perlu mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang sejalan dengan minat dan bakat peserta didiknya. Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan meliputi : Olah Raga Basket, Volly, Sepak Bola dan Bulutangkis, Kesenian Musik Modern/Band, Dance (cheer Leader), Teater, Paduan Suara, elektronika dan lain sebagainya.

Angkatan 1994 mengadakan tour Jawa – Bali ( 22 – 29 Juni 1996 ) sekaligus membuka kegiatan keluar bagi SMA Marsudirini. Kegiatan semacam ini dipandang perlu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga kegiatan-kegiatan keluar diselenggarakan di sekolah ini. Beberapa kegiatan yang pernah dan terus diselenggarakan adalah : Study Tour, Outbound dan Bakti Sosial.

Untuk semakin mengembangkan diri dalam bidang ilmu dan teknologi, SMA Marsudirini mengupayakan berbagai fasilitas yang sangat diperlukan untuk itu. Fasilitas – fasilitas yang ada juga sudah cukup lengkap, seperti laboratorium komputer, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan perpustakaan serta lapangan olah raga yang mendukung. Saat ini juga telah tersedia Green House sebagai wahana belajar di luar kelas dan ruang audio visual untuk sarana belajar melalui gambar bergerak maupun gambar slide. Untuk menambah media pembelajaran, jaringan internet telah tersedia selama 24 jam non-stop yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademika SMA Marsudirini Bekasi.

Sekarang SMA Marsudirini sudah menjadi salah satu sekolah favorit di wilayah Bekasi. Dengan sumber daya 50 orang guru yang berdedikasi dan profesional di bidangnya serta peserta didik yang mencapai jumlah 900 anak, SMA Marsudirini Bekasi siap menyongsong masa depan dan memberi suatu nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Visi, Misi, dan Tujuan SMA Marsudirini

Agar terjalin kesinambungan antara arah pendidikan dengan spiritualitas yang akan ditanamkan, maka terlebih dahulu disampaikan visi, misi, dan tujuan sekolah.

Visi :

Karya Pendidikan Marsudirini mengembangkan pribadi yang cerdas, beriman kepada Tuhan, mencintai sesama, dan alam ciptaan-Nya.

Indikator visi:

  1. berprestasi dalam bidang akademis, baik mata pelajaran Matematika dan Sains maupun Ilmu Sosial
  2. berprestasi dalam kegiatan bidang bahasa, seni budaya, olahraga, dan teknologi
  3. melaksanakan kegiatan keagamaan yang didasarkan iman kepada Tuhan Yang Maha  Esa
  4. melaksanakan kegiatan sosial yang dilandasi oleh semangat persaudaraan, pelayanan, dan cinta kasih

Misi :

  1. mengembangkan kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif, demokratis, dan mandiri
  2. mengembangkan kemampuan peserta didik dibidang akademis dan nonakademis
  3. mempersiapkan peserta didik dalam berkompetisi secara nasional maupun internasional
  4. membentuk peserta didik yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
  5. membentuk peserta didik yang memiliki semangat  persaudaraan, pelayanan, dan cinta kasih.

Tujuan :

  1. melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
  2. meningkatkan prestasi akademis dan nonakademis peserta didik
  3. menghasilkan lulusan yang sanggup berkompetisi secara nasional maupun internasional
  4. menghasilkan lulusan yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki semangat persaudaraan, pelayanan, dan cinta kasih dalam hubungannya dengan sesama.

SPIRITUALITAS

adopsi dari nilai keutamaan Bapa Santo Fransiskus Asisi dan Ibu Magdalena Daemen

Iman, Persaudaraan, Pelayanan, dan Cinta Kasih

MARS MARSUDIRINI

Kami para siswa siswi

Penuh daya cita rasa

Menjadi tumpuan

Harapan nusa dan bangsa

Setia penuh bakti

Sedia mengabdi

Kami harapkan, kami dambakan

Bimbingan Marsudirini

Masa depan nan terbentang

Sinar cerah nan gemilang