Berita

20Mar

USBN di SMA Marsudirini Bekasi Tahun Pelajaran 2018-2019

Hari ke 3 bagi SMA Marsudirini Bekasi menyelenggarakan kegiatan USBN ( Ujian Berstandar Nasional ) Tahun Pelajaran 2018-2019. Seluruh peserta didik yang mengikuti USBN ini haruslah bisa mempersiapkan diri, sebab SMA Marsudirini Bekasi memberlakukan teknis ujian baru, yaitu pengerjaan soal secara online. Namun tidak semua soal dikerjakan oleh para peserta didk secara online, untuk soal esai sendiri, para peserta USBN tetap menggunakan kertas dan barulah mereka melanjutkan pengerjaan soal pilihan ganda yang dilakukan secara online.

Saat ini seluruh para peserta didik pada umumnya sudah tidak asing lagi dengan namanya perangkat komputer atau gadget, karena itu SMA Marsudirini Bekasi perkirakan tidak akan ada kendala teknis dalam penerapan USBN Online.

Selain itu manfaat dari sistem ujian secara online, antara lain :
1. Hemat Waktu – memang efektif dalam penghemat waktu, jika selama ini penyelesaian soal, siswa membutuhkan waktu selama 2 jam. Maka dengan online, penyelesaian cukup membutuhkan waktu 1,5 Jam. Dengan online, para peserta didik tidak perlu menanti pembagian soal, pengisian lembar jawab komputer yang merepotkan dengan pensil khusus dan lain sebagainya.
2. Pengurangan Kertas – Setidaknya, SMA Marsudirini Bekasi sudah mengikuti pengurangan dalam penggunaan kertas dan melastarikan lingkungan, maka dengan adanya pengurangan kertas ini akan bisa menghemat dari segi biaya dan turut membantu menjaga kelestarian lingkungan
3. Menekan Praktik Calo – Sistem USBN online juga diyakini akan menekan praktik percaloan soal seperti yang sudah selalu terjadi selama beberapa tahun kebelakang.
4. Tekan Resiko Kesalahan – Dipastikan juga akan memudahkan saat adanya kemungkinan kesalahan soal. Perubahan pun bisa dilakukan dengan gampang dan cepat, selain itu juga mencegah kebocoran soal
5. Uji Kejujuran – Pola soal yang secara online juga sangat membantu melihat kejujuran dari seorang peserta didik. Sehingga, dapat diukur dengan baik tingkat kemampuan peserta didik. Bukan seperti pola yang kertas, peluang kecurangan sangat besar. Sehingga tingkat kejujuran para peserta didik pun sulit untuk diukur dengan murni.
6. Soal Lebih Mudah Dikerjakan – Dengan komputer atau gadget ini lebih mudah dan ringan tidak perlu menghitamkan buletan lagi yang sangat menyita waktu.

Mari kita semua turut mendukung langkah dari SMA Marsudirini Bekasi untuk lebih baik, maju dan berkembang lagi.